Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Menikam Kata, Single Baru Speak Up yang Nggak Boleh Lo Skip

Author : Admin Music

Article Date : 25/01/2023

Article Category : Super Buzz

Menjelang momen pergantian tahun kemarin, Speak Up balik lagi buat unjuk gigi dengan single terbarunya yang berjudul Menikam Kata. Kalau lo lihat kembali kiprah Speak Up di sepanjang tahun 2022 lalu, total mereka udah ngerilis tiga single dan satu buah single cover.

Rilisan itu diantaranya ada single Suara Bumi, Sapa Alam, cover single milik Doel Sumbang berjudul Arti Kehidupan, dan terbaru berjudul Menikam Kata yang dirilis pada Desember 2022 lalu.

Unit punk rock senior yang beranggotakan Ali (vokalis), Farhan (bassis), dan Ronald (drummer) ini mendedikasikan single Menikam Kata sebagai sebuah penghormatan untuk mendiang ayah dari Ali yang berpulang pada tahun 2021 lalu.

Bisa dibilang kalau Menikam Kata jadi sebuah single yang sentimentil dan memuat banyak makna tentang kehidupan. Meski punya makna mendalam, single ini masih dalam koridor punk rock khas Speak Up yang udah mereka bentuk sejak lama.

Menikam Kata jadi lebih spesial karena memuat sebuah instrumen yang jarang banget lo temukan di rilisan rock akhir-akhir ini. Speak Up menambahkan instrumen uilleann pipes yang merupakan instrumen khas Irlandia.

“Kenapa kita milih alat musik itu, karena kita ngerasa suara yang ditimbulkan alat musik ini sangat mewakili nuansa lagu dan lirik yang kita tuturkan, kayak memberikan nuansa magis di lagu”, kata Ali.

“Setahu gue di Indonesia cuma ada satu orang yang punya dan bisa mainin alat musik itu, namanya Rino. Di project ini kita seneng banget bisa berkolaborasi dengan Rino”, sambungnya.

Dalam penggarapannya, Speak Up dibantu oleh Ismar dari band Senin Pagi untuk aransemennya, mixing dan mastering dibantu oleh Tommy Hand, dan Bataraja “Ucok” selaku additional guitarist.

Single ini jadi bukti kematangan Speak Up dalam menulis lagu, entah itu dari segi aransemen maupun pemilihan kata. Musik yang mereka suguhkan pun mudah diterima bagi penikmat musik rock pada umumnya.

Lewat Menikam Kata, Speak Up lebih menunjukkan kelasnya dibanding band-band sejenis. Single yang diproduseri oleh Nuct Records dan Speak Up ini rencananya bakalan dimasukkan dalam album penuh mendatang bareng tiga single lainnya.

Coba aja lo dengerin gimana menyentuhnya single Menikam Kata dari Speak Up berikut, Superfriends.

Sebelum ngerilis single Menikam Kata, Speak Up lebih dulu ngerilis single berjudul Sapa Alam. Dalam lagu ini, mereka nyoba buat menggambarkan kebahagiaan sebuah keluarga.

Speak Up mencurahkan isi hati sesuai fase saat para anggotanya yang saat ini sudah menjadi menjadi sosok ayah dan ibu untuk sang buah hati tercinta. Sapa Alam mewakili suara hati orang tua kepada anaknya.

Sama kayak single sebelumnya, Ali Nugraha masih kerja bareng Ismar dalam proses aransemen dan single Sapa Alam juga diproduksi oleh Nuct Records yang jadi rentetan karya-karya Speak Up.

Meski sekarang cuma tersisa tiga anggota saja, hal itu nggak menyurutkan semangat mereka dalam menghasilkan sebuah karya. Sebelum single Sapa Alam, Speak Up juga sempat ngerilis satu single berjudul Suara Bumi yang tepat dilepas pada hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Lewat single Suara Bumi, Speak Up ingin memberikan pesan supaya lo semua ingat tentang pentingnya menjaga alam yang sedang ditempati sekarang, Superfriends. Soalnya, ada banyak keindahan di bumi ini yang bisa lo nikmati secara gratis. 

Sambil terus konsisten mengobarkan semangat dalam berkarya, single Suara Bumi ini jadi lebih segar didengar. Apalagi makna di baliknya memang untuk memperingati Hari Bumi agar lo selalu bersyukur atas apa yang bisa dinikmati dan harus merawatnya supaya bisa terus lestari sampai generasi selanjutnya.

Single Suara Bumi juga punya video lirik yang dilengkapi dengan ilustrasi bumi yang saat ini sudah banyak kerusakan karena perbuatan umat manusia. Lo simak sendiri nih video liriknya, Superfriends.

Speak Up adalah band rock yang terbentuk sejak tahun 1997 di Jakarta. Adisyah (vokalis), Ali Nugraha (gitaris), Farhan Ramadhan (basis), dan Arief (drummer) merupakan penggagas awalnya Speak Up berdiri.

Ali Nugraha yang sekarang mengisi posisi vokal sekaligus gitar mengisahkan gimana awal mula terbentuknya band ini sebelum bernama Speak Up.

"Awalnya dulu bukan Speak Up, pertama kali bikin dengan teman-teman satu SMP. Awalnya buat band itu gue jadi drummer, kemudian satu-satu personil keluar dan namanya berubah menjadi Speak Up. Awalnya gue masuk sebagai gitar, vokalis kita terus keluar akhirnya gue mengisi vokal dan gitar.”

Setelah sempat mengalami pasang surut dan berbagai macam konflik internal, Speak Up tetap berdiri tegak di bawah koridor punk rock. Unit punk rock ini juga makin membuktikan kalau dengan musik punk rock sekalipun tetap bisa memberikan nuansa baru dan segar buat lo yang suka banget sama musik indie.

Album perdana mereka bertajuk Believe Us, Trust Us yang dirilis pada tahun 1999 jadi bukti nyata keberhasilan mereka. Ali menyebut album itu jadi kesempatan dan batu loncatan buat lebih mengenalkan Sepak Up.

Kesuksesan itu disusul dengan dirilisnya album kedua, Story of Our Life (2007) yang berisi 12 lagu di antaranya Interlude, The Greatness of Nature, 10.000 Miles, Semangat Ini, Dilema Kehidupan, Ilia (Part II), Sunset Slaves, Hopes And Purity, Story Of My Life, Somewhere Between Heaven And Hell, You, dan Jangan Pernah.

Image source: https://www.instagram.com/speakupjakarta/

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#punk #speak up #Punk Rock #single baru #Menikam Kata

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

9 Fun Facts dari Ajang Grammy Awards 2023

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Soegi Bornean Buka Awal Tahun Dengan Nada Positif

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Revocation Rilis Video Musik Baru untuk Godforsaken

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Belle and Sebastian Bicara Soal Album Barunya, Late Developers

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Hail The Sun Coba Lampaui Batas Dengan Single “Mind Rider”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Zebrahead Rilis Single Baru, Middle Seat Blues

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Anti-Flag Bagikan Video Musik Single Sold Everything

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

“Uncertain Joys”, Bukti Kembali Aktifnya The Subways di Kancah Indie Rock

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

ZerosiX Park Remake Lagu Nike Ardilla, Karya Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Black Stone Cherry Umumkan Single Baru, Out of Pocket

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /