Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Rich Brian, Contoh Paling Ultimate Sebuah Kesuksesan

Author : Admin Music

Article Date : 24/09/2022

Article Category : Super Buzz

Artikel ini akan dimulai dengan sebuah perintah: buka Instagram kamu. Kalau sudah, coba cari tahu tentang helatan Head in the Clouds Jakarta. Rencananya acara ini akan dilaksanakan pada November 2022. Acara besutan 88rising ini akan menampilkan jajaran rooster-nya. Tentu saja, salah satu nama yang akan tampil tidak lain dan tidak bukan adalah Rich Brian. 

Rich Brian adalah contoh paling ultimate sebuah kesuksesan seorang anak laki-laki biasa yang belajar bahasa Inggris dari nonton YouTube dan lantas kemudian menemukan jati dirinya sebagai rapper. Ngomong-ngomong soal YouTube, saat ini kanal YouTube Rich Brian sudah mendapatkan subscribers sebanyak 2,2 juta akun. Ia mencetak rekor sebagai artis Asia pertama yang menduduki puncak klasemen di chart musik iTunes untuk genre hip hop. 

Beliau memang benar-benar bukan sembarang beliau. Nama Rich Brian alias Brian Imanuel Soewarno sudah melanglang buana secara internasional. Di usianya yang bisa dibilang baru seumur jagung, karier musiknya melejit hingga setinggi langit. Fun fact, Rich Brian merupakan musisi Indonesia pertama yang meraih total 10 juta pendengar bulanan Spotify di tahun 2021.

Di tahun 2017, Brian melepas Amen sebagai album pertama yang didistribusikan secara internasional. Wajahnya terpampang nyata di videotron Times Square. Masih di tahun yang sama, Brian yang berdarah Manado-Tionghoa ini menggasak penghargaan sebagai “Breakthrough Artist of the Year” dari Indonesian Choice Award ke-4.

Bagaimana sih perjalanan Brian untuk sampai di titik kesuksesan seperti sekarang?

Awalnya, Brian memang sudah hobi menyanyi sejak masih kecil. Saat masih berumur 11 tahun, Brian sudah sering bermain media sosial. Melalui YouTube, rapper kelahiran 3 September 1999 ini kerap menyimak berbagai hal seputar musik hip hop dan kultur Amerika Serikat. Di tahun 2010, ia pun sering mengunggah konten komedi seputar kultur Amerika sambil belajar Bahasa Inggris. Kemudian, ia menjadi fasih berbahasa Inggris dengan belajar secara otodidak.

Bisa dibilang, Rich Brian sukses jalur viral. Ia meraih atensi skala internasional berkat YouTube dan kehandalannya menulis lini dalam bahasa Inggris. Brian sempat menggunakan moniker Rich Chigga sebelum akhirnya diganti menjadi Rich Brian. Ia merilis sendiri karya pertamanya di kanal YouTube-nya. Lagu pertama yang viral sudah pasti kamu ingat: Dat $tick (2016). Lagu ini diproduksi hanya di rumah. Animo warganet saat itu sangatlah besar, maka lagu ini pun viral pada masanya. Dat $tick bahkan telah ditonton oleh lebih dari 183 juta viewers dan mengantongi penghargaan dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA).

Salah satu kunci kesuksesan Rich Brian adalah ia mau mencoba berkolaborasi dengan musisi-musisi lain. Brian telah berkolaborasi dengan Diplo hingga Pharrell Williams. Selain itu, Rich Brian juga pernah punya proyek kolaborasi dengan rappers kenamaan lainnya. Misalnya Ghostface Killah (Wu-Tang Clan), Pouya, Zhu, Skrillex, dan THEY di lini Working for It. Pernah juga ia menggandeng RZA (Wu-Tang Clan) di lini Rapapapa.

Di usianya yang belum 18 tahun saat itu, Brian berhasil mencetak banyak karya yang mengantarnya ke panggung internasional. 2017 lalu, Brian menghelat konser perdananya di Los Angeles dan menggelar tur keliling Amerika dan Eropa. Ia kini bahkan telah sukses mewujudkan impiannya untuk pindah dan tinggal menetap di Amerika. Bukan lancar-lancar saja, niat Brian untuk tinggal di Amerika sempat ditentang oleh keluarganya Namun karena Rich Brian menunjukkan kesungguhannya dalam mengejar karir, akhirnya keluarganya pun luluh. Kini mereka berbalik mendukung secara penuh atas karier Rich Brian.

Kita sudah bahas soal bagaimana Rich Brian bisa jadi superstar seperti sekarang. Nah, asyik kali ya kalau kita bahas, sebenarnya, berapa sih pendapatan Rich Brian dari menjadi rapper? Ternyata, per tahun 2020 lalu, ia memiliki total kekayaan bersih yang mencapai 1 juta dollar AS (Rp15 miliar). Duit semua? Iya dong. Bahkan, di tahun 2018, nama Rich Brian berhasil masuk dalam list 30 Under 30 Asia versi Forbes.

Album Amen (2018) yang bermuatan 12 lagu dari Rich Brian rupanya dicintai oleh banyak orang. Album ini sempat bertengger di posisi 18 chart Billboard 200 Amerika. Brian juga berupaya menyebarkan pesan positif dengan balutan lirik yang memberdayakan, menguatkan dan inspiratif. Makin banyak deh yang merasa relate dan nge-fans.

Dalam lagu Kids yang sempat trending di YouTube, Brian mengajak kita untuk tak kenal lelah dalam berkarya. Ia menyebutkan, pencapaian karirnya yang kini mendunia tak serta merta didapatkan dengan instan. Butuh pengorbanan, Brian mengungkap kerjanya dari nol hingga mencapai keberhasilan.

Lagu itu juga yang menjadi pembuktian baginya, bahwa generasi muda Asia juga bisa menghebohkan kancah musik Amerika. Melalui lirik lagu tersebut, Brian berpesan agar dari manapun asal seseorang, jangan biarkan hal itu menghentikan cita-cita dan impiannya. Inspiratif banget, kan?

Mungkin masih banyak Rich Brian lainnya di luar sana yang menunggu untuk 'ditemukan'. Mungkin salah satunya kamu. Are you #DareToPerform?

Image source: https://www.instagram.com/brianimanuel/ 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hip Hop #Rich Brian #brian imanuel #88rising #Dat $tick

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

The Murder Capital Bagikan Video Musik Surrealis, Ethel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Girl and Her Bad Mood Rilis Single Menuju EP Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Enter Shikari Ungkap Pesan Penting Lewat “Bull”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Kolaborasi Jebung dan Basboi untuk Single Indo Black Magic

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Scene Queen Lepas Bagian Kedua EP Bimbocore

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Melancholic Bitch Berganti Nama Jadi Majelis Lidah Berduri

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Rihanna Isi Soundtrack Black Panther: Wakanda Forever

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Boy Destroy Bagikan Single Baru Emo Pop-nya, Left Handed

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Curahan Hati Romantic Echoes Terurai dalam Paradisa

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Kolaborasi Valentina Ploy dan Phum Viphurit di Single Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /