Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Agung Hellfrog: Audio Interface yang Tepat Bagi Musik Anda

Author : Admin Music

Article Date : 24/12/2021

Article Category : TIPS & GEARS

Kemajuan teknologi rekaman yang hampir tanpa henti setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan pencarian audio interface (antarmuka audio) terbaik menjadi terasa seperti membidik sebuah target yang bergerak. Semua interface atau antarmuka mempunyai tugas utama mengonversi audio dari format analog ke digital. Tetapi jangan lupa juga jika ada perbedaan penting yaitu variasi dalam bentuk, pemrosesan, input, dan output-nya. 

Sebut saja beberapa merk popular di Indonesia seperti Focusrite Scarlett 2i2 memungkinkan penulis lagu dan DJ membuat karyanya di kamar tidur mereka dengan biaya yang sangat rendah. Termasuk juga antarmuka portabel seperti Universal Audio Apollo Solo yang sangat praktis karena bisa dimasukkan ke dalam tas dalam perjalanan ke sesi studio, rekaman podcast, atau manggung live. Intinya dengan antarmuka audio model desktop ini, penggunanya mendapatkan keuntungan yang sebelumnya hanya tersedia di studio rekaman profesional. 

Lalu, model dan tipe seperti apa yang cocok digunakan? Artikel ini akan membantu Superfriends agar bisa memutuskan model yang akan menjadi rekan dalam membuat karya musik, yang mungkin saja setelah dirilis akan menjadi viral. 

Mengapa Kita Membutuhkan Antarmuka Audio?

Sederhananya, gear ini akan membantu Superfriends untuk merekam suara analog yang kemudian akan diubah menjadi sinyal digital. Model dari antarmuka ini amat beragam, sesuai kebutuhan dengan rentang harga yang berbeda dari yang paling murah sampai dengan yang paling mahal. Beberapa di antaranya cocok untuk membuat demo dengan satu instrumen, lainnya cukup kuat untuk merekam seluruh band sekaligus—vokal, gitar elektrik, keyboard MIDI, drum, atau apa saja yang ingin rekam. 

Seorang DJ membutuhkan antarmuka ini untuk merekam peralatan digital dan analog secara berdampingan sambil menjaga levelnya tetap bagus dan rata. Podcaster menggunakan antarmuka audio untuk merekam dialog dan memantau suara melalui headphone studio. 

Komponen Penting Antarmuka Audio

Banyak sekali model antarmuka audio di pasaran yang bisa dipilih. Meski begitu, terdapat komponen penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih dan membeli model yang tepat untuk Superfriends.

Preamp Mikrofon

Kenali kebutuhan. Jika berencana merekam hanya satu suara, maka Superfriends memerlukan setidaknya satu input mikrofon. Banyak pilihan antarmuka untuk kebutuhan ini, tapi desktop paling populer akan memiliki dua, seperti UA Apollo Twin X DUO. Input mikrofon menggunakan kabel XLR standar yang digunakan untuk mikrofon analog. Sebagian besar input ini akan berupa jack kombo, yang berarti mereka juga mengakomodasi koneksi 1/4". Masing-masing input ini akan memiliki preamplifier, juga dikenal sebagai preamp. 

Preamp diperlukan karena sinyal dari mikrofon lemah, sehingga perlu ditingkatkan sebelum cukup kuat untuk merekam secara efektif. Preamp akan memiliki kontrol penguatan yang sesuai, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan seberapa besar sinyal yang dikuatkan. Jadi, jika berbicara tentang berapa banyak preamp yang dimiliki antarmuka audio, berarti kita sedang berbicara tentang input mic.

Komponen lain dari mic preamp adalah phantom power. Fungsinya adalah untuk mengirim tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menggunakan mikrofon kondensor. Daya yang dibutuhkan hingga 48V agar berfungsi dengan baik. Saat menggunakan phantom power dengan mikrofon kondensor, pastikan untuk tidak menyalakannya sampai menyambungkan mikrofon ke preamp.

Memahami Preamp Mic: Transparan versus Warna

Ada perbedaan besar dari satu desain preamp ke yang lain. Jumlah penguatan, seberapa besar noise-nya, bisingnya, kualitas konektornya, dan lain-lain menjadi faktor yang membedakannya. 

Preamp transparan dirancang untuk meningkatkan level sinyal mikrofon dengan mengubah suara sesedikit mungkin. Anggap saja seperti foto tanpa filter yang ditambahkan. Contoh umum preamp transparan adalah yang ada di dalam Focusrite Scarlett dan unit Apogee portabel. 

Preamp transparan adalah tentang kesederhanaan, transparansi hanya berlaku untuk sinyal analog yang keluar dari preamp. Setelah direkam ke dalam DAW, dapat menerapkan plug-in digital dan apa pun yang diinginkan.

Preamp lain yang menambahkan warna dapat diumpamakan seperti foto-foto telah mengubah eksposur, saturasi, dan aspek lainnya. Meskipun masih dapat membeli preamp mic mandiri seperti Universal Audio SOLO/610 untuk mewarnai rekaman, banyak antarmuka audio menawarkan fitur untuk meniru preamp klasik. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah efek perangkat keras. Setelah audio direkam, nanti akan sulit untuk menghapus kualitas suara tersebut.

Contoh-contoh preamp pewarna yang bisa dicoba oleh Superfriends dapat berasal dari empat produsen paling popular ini: Steinberg, Solid State Logic, dan Universal Audio.

Antarmuka Steinberg UR-RT2 adalah pilihan lain jika menginginkan beberapa warna. Kali ini dengan trafo dari Rupert Neve Designs. UR-RT2 memiliki dua preamp, dengan tombol untuk mengaktifkan transformer untuk masing-masing. Steinberg menggambarkan suara yang diubah menjadi lebih kaya, dengan harmonik yang ditingkatkan.

Solid State Logic menawarkan preamp warna dalam antarmuka desktop SSL 2 dan SSL 2+ dengan hanya menekan tombol Legacy 4K. Nama ini mengacu pada konsol legendaris seri 4000 SSL, yang digunakan di beberapa studio rekaman terbesar di dunia. Legacy 4K dirancang untuk meniru suara analog yang terkenal dari konsol tersebut. Antarmuka yang sangat terjangkau ini adalah cara yang menarik untuk mendapatkan suara klasik bahkan dari peralatan perekaman paling sederhana sekalipun. 

Jika ingin menjelajahi dunia preamp "warna" lebih jauh, antarmuka Audio Universal menggunakan platform yang disebut Unison. Alih-alih hanya satu tombol, Unison menawarkan berbagai plug-in yang meniru preamp mikrofon klasik dari UA, Neve, API, dan lainnya. Yang harus diingat adalah kualitas suara atau "warna" bisa sangat subjektif. Banyak profesional terkesan dengan betapa otentiknya plug-in tersebut, sementara yang lain hanya mengandalkan perangkat keras eksternal. Dengarkan sampelnya, baca ulasan pelanggan di situs resmi, dan jangan lupa Superfriends juga harus mempercayai telinga sendiri.

Konektivitas

Antarmuka modern terhubung ke komputer melalui port USB. Unit yang lebih kecil ditenagai oleh port, sementara yang lebih besar hanya menggunakannya untuk mentransfer data. Standar USB telah diperbarui selama bertahun-tahun, dengan peningkatan kinerja setiap saat seperti USB 2.0, 3.0 dan 3.1. Konektor USB juga tersedia dalam berbagai bentuk, biasanya USB-A persegi panjang klasik atau USB-C. Bentuk-bentuk ini secara teknis dapat berjalan pada kecepatan USB 2.0, 3.0 atau 3.1, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk dan peringkat kecepatannya.

Untuk antarmuka paling canggih, ada tingkat konektor lain yang disebut Thunderbolt. Versi terbaru adalah Thunderbolt 3, yang empat kali lebih cepat daripada USB 3.1 yang maksimal. Konektor Thunderbolt untuk antarmuka yang mengandalkan DSP, seperti Universal Audio Apollo. Karena menjalankan semua plug-in asli maka memerlukan komunikasi serius antara komputer dan inti processor onboard. Thunderbolt juga memungkinkan Universal Audio untuk mengembangkan DAW mereka sendiri yang disebut LUNA, yang akan bekerja secara native dengan prosesor dalam unit dan preamp Unison selama proses pengeditan. 

Dua konektor lama yang harus diketahui lainnya adalah FireWire dan PCIe. Mereka tidak lagi relevan untuk antarmuka baru, tetapi mungkin saja sobat menemukannya. FireWire adalah konektor yang ditemukan terutama di komputer Mac. Ini meningkat pada kecepatan rata-rata saat itu, tetapi lebih lambat daripada USB modern dan Thunderbolt, jadi itu hanya disebutkan sehubungan dengan produk yang lebih lama. PCIe juga mengalami peningkatan kecepatan, tetapi konektor ini harus dicolokkan langsung ke motherboard komputer dengan slot PCIe terbuka. Kecuali memiliki alasan warisan tertentu untuk menginginkan salah satu dari konektor ini, hindari dan gunakan sesuatu dengan USB atau Thunderbolt 3.

Bagaimana Menemukan Antarmuka Audio Terbaik untuk Saya?

Informasi di atas cukup memberikan gambaran umum tentang antarmuka audio. Mulailah dengan membuat daftar tujuan merekam dan seberapa instrumen yang ingin direkam satu waktu. Mulailah dengan semua sumber audio, termasuk vokal, instrumen, suara sekitar, dan apa pun yang ingin ditangkap. Kemudian pertimbangkan berapa banyak mikrofon dan input yang dibutuhkan masing-masing sumber. 

Jika kebutuhan inputoutput, dan preamp sudah terdaftar segera cocokkan dengan budget yang tersedia. Selamat belanja

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#supergears #Agung Hellfrog #antarmuka audio #preamp microphone #merekam #audio #audio interface #Mikrofon

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Di Balik Ramainya NUX Academy di Jagat Maya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Nikmati Praktisnya Perekam Mandiri Zoom R12 MultiTrak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Seberapa Keren Maxon OD-820 Vintage Series Over Drive?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: SOLAR E1.7FBB, Gitar Terbaik Musik Metal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Dark Matter, Pedal yang Harus Dicoba

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Positive Grid Spark, Ampli Smart Serbaguna

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Valeton GP 200: Temukan Rekan Panggung Ideal Kalian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Schecter Rilis Deretan Gitar Ramah Kantong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Flamma Fx100 Multi Efek di Bawah Rp3 Juta, Haruskah Dibeli?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
TIPS & GEARS

Agung Hellfrog: Perlukah Gitar Khusus untuk Bermain Metal?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /