Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Belajar Progresi Chord? Coba 4 Tips Berikut

Author : Admin Music

Article Date : 17/01/2022

Article Category : Super Buzz

Sebagai seorang musisi, terutama mereka yang memainkan alat musik, tentu kalian tidak asing dengan istilah progresi chord. Secara umum, pemain gitar, bas dan juga pemain alat musik lainnya harus memahami pengetahuan dan aplikasi dari progresi chord untuk bisa menghadirkan karya yang menarik. Namun, musisi atau anggota band lainnya juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan progresi chord. Hal ini diperlukan agar dalam proses penulisan lagu semua aspek bisa berjalan secara harmonis. Oleh karena itu, mari membahas tentang progresi chord, Superfriends!

Pemahaman progresi chord

Jika coba untuk diterjemahkan dalam aspek bahasa, progresi chord merupakan pergerakan chord dalam sebuah lagu. Sebagaimana yang kalian ketahui, Superfriends, bahwa pembuatan lagu berasal dari perpaduan nada-nada yang dirangkai untuk menjadi harmoni. Nada-nada tersebut bisa diproduksi menggunakan alat musik dengan progresi chord yang tepat.

Meskipun punya manfaat yang besar dalam proses penulisan lagu. Nyatanya, menemukan progresi chord yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Sebagaimana yang telah kalian ketahui, Superfriends, bahwa di dalam tangga nada pentatonis banyak variasi chord yang menawarkan karakteristik suara yang berbeda. Variasi tersebut kerap kali dihadirkan untuk menonjolkan emosi dari sebuah lagu. 

Untuk bisa menggunakan progesi chord yang tepat, seorang musisi harus lebih dulu memahami penggunaan chord, tangga nada, dan aspek penulisan lagu lainnya di luar kepala. Proses pemahaman dalam penggunaan progresi chord tersebut perlu dimulai dengan latihan secara rutin sekaligus menghafal progresi chord secara satu per satu. Bagi kalian yang ingin mencoba mempelajari progresi chord lebih lanjut, tips ini diharapkan bisa membantu kalian, Superfriends.

Tips belajar progresi chord

Perhatikan kunci dasar

Dalam belajar progresi chord, untuk mempermudah prosesnya kalian bisa memainkan lagu dari musisi favorit pilihan. Namun, jangan dulu untuk mencari kunci melalui internet atau buku kunci gitar yang ada. Kalian bisa melatih telinga untuk mempelajari kunci atau nada dasar dari lagu tersebut dan mulai praktekan menggunakan alat musik. Dalam proses latihan tersebut, kalian mungkin akan mendengar berbagai macam progresi chord dari kunci dasar yang dipilih oleh para musisi. Bahkan bisa saja nada yang dimainkan masih asing di telinga kalian Superfriends. 

Meskipun begitu, kalian bisa mulai mengeksplorasi permainan alat musik secara perlahan. Dalam proses latihan ini kalian bisa mengasah pengetahuan, ketepatan nada, begitu juga sinkronisasi tangan saat bermain alat musik. Jangan terlalu terburu-buru untuk melewati prosesnya. Pasalnya dalam latihan bisa saja kalian dapat inspirasi untuk membuat materi lagu lainnya, Superfriends.

Mulai eksperimen dengan mayor dan minor

Dari inspirasi yang kalian dapatkan dalam proses latihan tersebut. Pastikan kalian sudah menentukan penggunaan kunci dasarnya ya, Superfriends. Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mulai melakukan eksperimen dengan aplikasi kunci mayor dan minor. Aplikasi kunci mayor dan minor ini merupakan tahap pertama dalam memahami progresi chord secara mendalam.

Peralihan kunci mayor dan minor bisa menghadirkan nuansa yang berbeda. Hal tersebut membantu penulisan musik yang kalian lakukan. Melakukan eksperimen dengan kunci mayor dan minor juga membantu kalian untuk kembali mengingat interval tangga nada di setiap kunci yang akan mempermudah masuk ke tahap selanjutnya dalam mempelajari progresi chord.

Pelajari tentang interval chord

Dalam mempelajari progresi chord, kalian akan menemukan istilah interval. Istilah tersebut memiliki arti sebagai jarak antara dua nada dalam sebuah skala musik. Dalam tangga nada mayor, kalian akan menemukan interval dengan hitungan 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½. Jika dimainkan menggunakan nada, tangga nada mayor yang dimulai dari do menuju re memiliki 1 interval nada. Sedangkan dari re menuju mi memiliki ½ interval nada. Mi menuju fa akan kembali memiliki interval 1 nada dan seterusnya. 

Untuk interval tangga nada minor sendiri memiliki interval nada sebagai berikut 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1. Jika dimainkan, akan terasa perbedaan yang signifikan antara tangga nada mayor dan minor. Meskipun hanya berbeda ½ saja, antara tangga nada mayor dan minor akan menghadirkan sensasi nuansa yang berbeda dalam sebuah komposisi musik. Di luar hitungan interval tersebut, kalian juga bisa menghadirkan nuansa berbeda dengan memainkan oktaf nada yang berbeda. Lakukan eksperimen terhadap oktaf rendah dan tinggi sebagai bagian dari intonasi nada untuk memberikan kejelasan nuansa lagu, Superfriends.

Buat catatan

Dalam mempelajari progresi chord, kalian juga bisa membuat catatan setiap sehabis latihan setiap harinya. Membuat catatan mungkin aktivitas yang membosankan dan seakan mengulangi aktivitas yang sudah kalian lakukan sebelumnya. Namun, dengan variasi progresi chord yang beragam, dengan hadirnya catatan, hal tersebut bisa membantu kalian lebih mudah memulai kembali proses latihan dan tidak perlu harus susah-susah mengingat dari awal.

Selain itu, proses membuat catatan ini juga bisa bermanfaat jika kalian melakukan eksperimen progresi chord sekaligus membuat lagu baru. Kalian bisa mencatat chord dan juga lirik yang sudah kalian tentukan dalam proses penulisan lagu. Sehingga, kalian bisa mempresentasikan kepada anggota band lainnya atau mempercepat proses rekaman karena sudah ada acuan yang dibuat lebih dahulu.

Dalam mempelajari progresi chord, kalian juga bisa mulai mendengarkan genre lain di luar genre favorit kalian, Superfriends. Musik seperti jazz, blues, dan R&B terkenal punya progresi chord yang dinilai ajaib oleh berbagai penikmat atau pemain musik. Pengetahuan yang luas terkait progresi chord dari berbagai macam genre diharapkan jadi langkah tepat untuk membuat lagu kalian stand out dari yang lainnya.

Image courtesy of 4 PM production/shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#progresi chord #tangga nada #nada mayor #pentatonis #nada minor # alat musik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /